Beku Bahu

“Bahu berusia 50 tahun”

Dalam bahasa Mandarin atau Jepang, istilah “bahu 50”, atau seringkali disebut sebagai “bahu 40” mengacu pada nyeri dan kaku pada bahu yang terjadi tanpa sebab yang jelas. Kondisi ini tidak hanya terbatas pada usia 50 tahun, namun dapat juga terjadi pada kelompok usia 35-65 tahun. Kondisi ini dikenal sebagai Frozen Shoulder (Beku Bahu), atau dalam bidang medis dikenal sebagai Adhesive Capsulitis.

Pada beberapa penderita yang mengalami kelainan pada Rotator Cuff atau Osteoarthritis, nyeri dan kekakuan serupa juga dirasakan. Pada banyak kasus, gejalanya seringkali sukar dibedakan dengan Frozen Shoulder. Pemeriksaan X-Ray, Ultrasound atau MRI dilakukan untuk menegakkan diagnosis.

Frozen Shoulder adalah sebuah kondisi yang melibatkan kapsul bahu, sebuah balon yang mengelilingi sendi dengan fungsi utama menahan cairan sendi. Balon ini semakin lama semakin tebal dan meradang sehingga menyebabkan nyeri dan kaku. Rotator Cuff adalah kelompok otot yang mengelilingi bahu, terletak tepat diluar dari kapsul. Rotator cuff sering meradang (tendonitis) atau bahkan sobek pada penderita kelompok umur ini. Arthritis adalah kerusakan pada kartilago sendi.

Pada sebagian besar kasus, Frozen Shoulder biasanya sembuh sendiri namun membutuhkan waktu 6 bulan hingga 2-3 tahun. Namun dengan terapi, masa penyembuhan ini dapat berkurang drastis. Terapi utama pada kasus ini adalah dengan terapi peregangan. Sebagian besar kasus mengalami perbaikan dengan terapi peregangan ini namun beberapa kasus tidak. Penderita yang tidak memberikan respon positif pada terapi peregangan atau terlalu sakit untuk melakukan peregangan membutuhkan terapi lebih lanjut. Terapi ini dapat berupa manipulasi sederhana dibawah anestesi atau Arthroscopic Capsular Release. Penderita disarankan tetap melakukan peregangan selama 2-3 bulan setelah terapi ini selesai.